Senin, 15 Agustus 2011

PROTEK PADA POLYTRON DIVA (MX 6202)

Cara kerja protek pada IC HBT-00-026 sama seperti cara kerja ic program pada umumnya , yaitu apabila tegangan di pin protek di (0) kan maka ic akan memberi perintah protek/stanby.
Protek pada polytron MX 6202 di sadap dari denyut vertical blanking.



Setelah tv nyala ,ic vertikal bekerja di pin Vblk mengeluarkan denyut sinkronisasi (biasanya di manfaatkan untuk sinkronisasi disply vertical) tapi untuk type ini di pakai untuk mensuply tegangan protek. Elko 1uF berfungsi untuk menahan tegangan DC dan meloloskan tegangan AC. Lalu di searahkan oleh deoda dan hasil tegangannya dipakai untuk memberi tegangan di pin protek IC HB-00-026.
Untuk Type ini melumpuhkan protek tidak bisa dengan memotong jamper/jalur,apalagi dengan mencabut ic vertical , karena tegangan di pin protek di dapat dari frekwensi vertical . berbeda dengan type lain pada umumnya, tegangan protek didapat dari B+ melalui resistor dan apabila terjadi kerusakan baru di (0) kan oleh deoda seperti post sebelumnya.
Penulis pernah mengalami protek pada type MX 6202 ini. semuanya tegangan normal vertical juga normal Vblk signal normal, setelah ukur di pin protek HB00-026 pin 62 tegangan Cuma ada 2volt setelah di periksa ternyata elco 1uF kering ,jadi tidak bisa nenghantarkan tegangan ac dengan sempurna.untuk mengatasinya ganti elco 1uf atau dengan nilai yg lebih besar seperti dengan nilai 47 uf..

2 komentar: